Wednesday, February 1, 2012

Februari

Yeah! It's February now, guys!

Ada apa dengan Februari?




Februari merupakan bulan ke-2 dalam Kalender Gregorius. Namanya diambil dari Bahasa Belanda, Februari yang juga diambil dari bahasa LatinFebruus yang merupakan dewa penyucian. Terkadang orang menyebut nama bulan ini dengan kata "Pebruari" yang sebenarnya tidak baku.

Februari bisa dikatakan istimewa, sebab panjangnya bisa 28 hari atau 29 hari pada Tahun Kabisat. Tahun kabisat adalah angka tahun yang hanya habis dibagi empat. Misal 2012, habis dibagi empat, maka tahun ini adalah tahun kabisat.
Pada tahun kabisat bulan Februari terdiri dari 29 hari, dan tahun selainnya terdiri dari 28 hari. Oleh karena tanggal 29 Februari hanya muncul sekali dalam empat tahun, maka seseorang yang lahir pada tanggal 29 Februari hanya berulang tahun satu kali dalam empat tahun. (Itu kata guru SD saya dulu.)

Dulu Februari adalah bulan penghabisan, hingga tahun 450 sebelum Masehi, ketika akhirnya ditaruh setelah Januari. Dulu Maret pernah sebagai permulaan tahun, dan menjadikan Februari sebagai bulan penghabisan. Tapi akhirnya Februari kembali sebagai bulan ke-2. Oleh bangsa Romawi bulan ini dipandang sebagai waktu untuk merayakan upacara penyucian.


Selain dikenal karena tahun kabisatnya, Februari juga dengan hari yang umumnya dikenal di kalangan pemuda, yaitu Valentine's Day atau Hari Kasih Sayang.
Hari Velentine jatuh pada tanggal 14 Februari. Biasanya pada hari ini kalangan pemuda saling bertukaran bingkisan dengan pasangan, teman atau bahkan dengan orang tua mereka. Siapapun yang mereka sayangi. Dan biasanya Valentine paling identik dengan Coklat.

Itu sedikit tentang bulan Februari.
Have a great February. Thanks.

Sumber:
Wikipedia.
(dengan penambahan seperlunya / with necessary addition)

No comments:

Post a Comment

Mohon tetap santun ya... Terimakasih.
(Please, be polite... Thanks.)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...