Saturday, October 26, 2013

Vocabulary: Vegan


Pernahkah kamu mendengarkan kata ini? Ya, vegan. Saya mengenal kata ini pertama kali saat membaca sebuah kicauan salah satu akun berbagi informasi. Penasaran, saya mulai mencari informasi lebih lanjut di internet mengenai istilah ini, dan mendapat hasil. Menyadari istilah ini cukup jarang digunakan, saya memutuskan melakukan survey terhadap teman sebaya untuk mengetahui seberapa tenar kah kata ini. Survey membuktikan, dari 8 orang mahasiswa konsentrasi Pendidikan Bahasa Inggris, ternyata hanya 2 orang yang mengenal kata vegan.


  Kata ‘vegan’ merupakan sebuah istilah yang lebih dikenal dalam dunia kesehatan, terkhusus dalam diet makanan. Istilah vegan merujuk pada orang-orang yang lebih memilih makanan dengan unsur nabati dan menghindarkan unsur hewani dari segala sesuatu yang mereka gunakan, terkhusus makanan. Bukankah
itu sama saja dengan istilah vegetarian? Kebanyakan orang akan berpikir demikian, namun kenyataannya sedikit berbeda. Jika vegetarian menghindarkan unsur hewani dari menu diet mereka karena mengutamakan unsur kesehatan, berbeda dengan vegan yang menghindarkan unsur hewani dari menu makanan mereka karena rasa perikemanusiaannya terhadap hewan. Para vegan memiliki pemikiran bahwa hewan juga layak untuk tetap hidup dan mendapat perlakuan baik seperti halnya manusia.

   Para vegan sama sekali tidak mengkonsumsi segala sesuatu yang mengandung unsur hewani, termasuk susu, telur dan keju. Para vegan secara penuh hanya mengkonsumsi produk nabati, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan tumbuhan-tumbuhan berbulir seperti padi dan gandum. Untuk menggantikan susu sapi, vegan tetap dapat mengkonsumsi susu kedelai yang merupakan sari dari kacang kedelai.

    Ada beberapa nama yang di kenal di kalangan para vegan, seperti Donal Watson, James Pierrepont Greaves, Percy Bysshe Shelley, Amos Bronson Alcott, dan H. Jay Dinshah. Dan dengan jumlah yang cukup banyak, para vegan juga telah membentuk komunitas vegan. Bagaimana dengan Anda? Apakah anda seorang vegan?

Semoga bermanfaat.


Sumber:
en.wikipedia.org
vegetarian.about.com

Gambar:
en.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment

Mohon tetap santun ya... Terimakasih.
(Please, be polite... Thanks.)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...