Sunday, September 1, 2013

Situs 'Kamus Besar Bahasa Indonesia' Online

Setelah luntang-luntung, keliling cari arti kata culture, akhirnya dapat juga pemikiran "kenapa nggak nyari arinya dalam bahasa Indonesia dulu?"
Dan setelah melakukan sedikit brainstorming, akhirnya dapat ide untuk melakukan pencarian di Google dengan kata kunci: kamus besar bahasa Indonesia. Dan...

Muncullah 3 situs-situs cukup menarik berikut ini:

Di antara ketiga situs yang saya temui, situs inilah yang termasuk paling simpel dan mudah 'dipakai'. Selain tampilannya yang terbilang sederhana, situs ini menarik perhatian saya karena mudah dan tergolong lengkap.
Cara menggunakannya mudah, setelah kamu masuk ke situs ini, masukkan kata yang ingin kamu cari dan klik 'cari'. Maka, dalam sekejap (jika jaringan internet di area kamu bagus) akan muncul defenisi-defenisi dari kata yang kamu cari. Dan tentu saja, Bahasa Indonesia.

Awalnya sedikit bertanya-tanya juga, apakah situs ini memang milik negara, atau ahli cyber?
Di bagian bawah situs ini akan kamu temukan sedikit detail mengenai situs ini. Seperti yang saya kutip ini:
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ini merupakan KBBI Daring (Dalam Jaringan / Online) yang sengaja dibuat untuk memudahkan pencarian, penggunaan dan pembacaan arti kata (lema/sub lema). Meskipun sudah ada beberapa website sejenis, termasuk website resmi KBBI PusatBahasa, tetapi KBBI daring ini menyajikan dengan nuansa (tampilan) yang berbeda,
But, overall, this site is awesome! :) 



Ini adalah situs KBBI online keren kedua. Saat kamu buka situs ini, maka di bagian footnote akan kamu temukan tulisan 'Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional' yang merupakan pemilik hak cipta situs ini.
Kalau saya, sejak membukanya sudah cukup yakin kalau ini adalah situs resmi yang berada di bawah penanganan negara.

Menurut saya, situs ini lumayan bagus dan juga lengkap, dan situs ini juga memiliki tampilan yang lebih sederhana dibandingkan dengan situs sebelumnya. Namun, kalau soal kelengkapan perbendaharaan kata, sepertinya tidak jauh beda.


Yup! Memang bukan situs kamus BESAR bahasa Indonesia, seperti situs-situs sebelumnya. Tapi sesuai dengan tujuan dibuatnya situs ini, menurut saya sudah cukup membantu.
Selain memberikan kamu kemudahan untuk mengakses kata-kata dalam bahasa Indonesia, kamu juga membagikan hasil pencarian kamu. Karena situs ini menyediakan beberapa media untuk membagikan informasi yang didapat oleh seseorang yang 'menjelajah' di situs ini.

Dan kelebihan lainnya adalah...
Situs ini menyediakan link widget bagi kamu yang tertarik untuk memuat kamus bahasa Indonesia di blog/situs kamu.
Ini dia HTML pemasangan widget-nya:
Kamus Besar Bahasa Indonesia

Demikian sedikit info buat kamu yang mencari situs Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. Semoga bermanfaat. Buat mengobati rasa penasaran kamu, silakan kamu klik link yang ada, atau langsung melakukan pencarian di Google. 

Terimakasih :)

No comments:

Post a Comment

Mohon tetap santun ya... Terimakasih.
(Please, be polite... Thanks.)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...