Monday, January 9, 2012

SNMPTN 2012 Jalur Undangan Dibuka Februari

SEMARANG – Mulai 1–9 Februari mendatang, siswa SMA/SMK/MA sederajat yang memiliki prestasi akademik terbaik di sekolahnya dapat mengikuti pendaftaran masuk perguruan tinggi negeri (PTN).

Mereka dapat mengikuti pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2012 melalui jalur undangan berdasarkan prestasi.

"Ini merupakan informasi awal yang kami terima dari panitia pusat SNMPTN 2012. Jalur ini nantinya diisi oleh siswa-siswi yang ingin masuk perguruan tinggi negeri (PTN) tanpa melalui jalur ujian tulis. Mereka dijaring sesuai prestasi akademiknya di sekolah," ungkap Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Agus Wahyudin belum lama ini.

Dia mengatakan, jalur ini dibuka untuk memberikan kesempatan kepada semua siswa berprestasi akademik memperoleh pendidikan tinggi.

"Selain itu, memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada kepala sekolah untuk menjadi bagian dari pelaksanaan seleksi awal di tingkat sekolah," tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan, para pendaftar nantinya harus mendapatkan rekomendasi dari kepala SMA/SMK/MA masing-masing. Kepala sekolahlah yang melakukan pemeringkatan terhadap siswanya sesuai jurusan IPA, IPS, atau bahasa berdasarkan nilai mata pelajaran yang diujikan dalam ujian nasional (UN) 2012.

"Pada jalur ini, pendaftar dapat memilih maksimal dua PTN yang diminati dan dua program studi pada tiap-tiap PTN. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan," tukasnya.

Biaya pendaftaran, kata dia, sebesar Rp175 ribu dan pengumuman penerimaan akan disampaikan pada 25 Mei 2012. Sementara untuk daftar ulang diselenggarakan pada 6–7 Juni 2012. Informasi dan daftar sekolah yang diundang dapat dilihat di laman resmi SNMPTN jalur undangan di http://undangan. snmptn.ac.id.

"Mungkin sekarang laman tersebut belum dibuka, tapi tak lama lagi pasti aktif," katanya lagi.

Sementara itu, Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Sudharto menambahkan, pelaksanaan jalur masuk melalui prestasi akademik bagi siswa-siswi setingkat SMA/SMK/MA sebagai bentuk penghargaan atas keberhasilan sekolah mencerdaskan siswanya.

"Perguruan tinggi negeri mengapresiasi hasil pembelajaran di sekolah melalui jalur ini," katanya kemarin. (susilo himawan/koran si)(//rfa)
Sumber:

No comments:

Post a Comment

Mohon tetap santun ya... Terimakasih.
(Please, be polite... Thanks.)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...